Filosofi Pendidikan
Pendidikan bisa saja berawal dari sebelum bayi lahir seperti
dilakukan banyak orang dengan memainkan musik dan membaca kepada bayi
dalam kandungan dengan harapan ia bisa mengajar bayi mereka sebelum
kelahiran.
Bagi sebagian orang, pengalaman kehidupan sehari-hari lebih
berarti daripada pendidikan formal. Anggota keluarga mempunyai peran
pengajaran yang amat mendalam, sering kali lebih mendalam dari yang
disadari mereka, walaupun pengajaran anggota keluarga berjalan secara
tidak resmi.
Fungsi Pendidikan
Menurut Horton dan Hunt, lembaga pendidikan berkaitan dengan
fungsi yang nyata (manifes). Mempersiapkan anggota masyarakt untuk
mencari nafkah, fungsi laten lembaga sebagai wadah pendidikan, melalui
pendidikan di sekolah orang tua melimpahkan tugas dan wewenangnya dalam
mendidik anak kepada sekolah.
Sekolah memiliki potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan
di masyarakat. Hal ini tercermin dengan danya perbedaan pandangan antara
sekolah dan masyarakat tentang sesuatu hal, misalnya pendidikan seks
dan sikap terbuka.
Pendidikan sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan kepada
para anak didiknya untuk menerima perbedaan prestise, privilese, dan
status yang ada dalam masyarakat. Memilih dan mengajarkan peranan
sosila.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar