Blogger Widgets akuntansi perbankan: Kurikulum 2013 Dorong Siswa Lebih Aktif

Senin, 23 Desember 2013

Kurikulum 2013 Dorong Siswa Lebih Aktif

    Mamuju, Sulawesi Barat --- Kurikulum 2013 bertujuan mendorong peserta didik untuk mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar,­ dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), terhadap apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah mene­rima materi pembelajaran. Setelah berjalan selama satu semester, implementasi Kurikulum 2013 terbukti mampu mencapai tujuan tersebut. Misalnya peserta didik di SDN 1 Unggulan Mamuju, Sulawesi Barat, yang terlihat lebih aktif.
    “Dengan telah dilaksanakannya Kurikulum 2013 ini siswa terlihat  lebih aktif lagi dibanding sebelumnya. Kurikulum 2013 sangat baik. Kami mendukung Kurikulum 2013, selama ke arah yang lebih baik untuk pendidikan di Indonesia kami mendukung sepenuhnya,” kata Ferdi, guru kelas IV SDN 1 Unggulan Mamuju, Sulbar, saat diwawancarai Tim Portal Kemdikbud di Gedung SDN 1 Unggulan Mamuju, (17/12).
     Ia mengakui, ada hambatan yang dialami guru dalam mengajar Kurikulum 2013, salah satunya konsep Kurikulum 2013 yang tematik. “Mungkin lama-kelaman bagi guru yang belum  pernah mengajar dalam proses pembelajaran tematik akan lebih terbiasa dan bisa,” jelasnya ketika ditanya kendala bagi para guru.
    Pembelajaran tematik dapat diartikan suatu kegiatan pembelajaran dengan mengintegrasikan materi beberapa mata pelajaran dalam satu tema/topik pembahasan. Namun ia mengatakan, hal itu bisa diatasi dengan kreativitas masing-masing guru dalam mengembangkan silabus.
      Sementara Raymon, siswa kelas IV SDN Unggulan 1 Mamuju mengatakan, Kurikulum 2013  lebih baik dibanding sebelumnya. “Kalau guru sudah menjelaskan dan murid sudah mengerti, baru melakukan kegiatan,” katanya di sela-sela waktu istirahatnya di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar